Analisis Total Quality Management (TQM) Dalam Peningkatan Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Karyawan Sebagai Variabel Mediasi Pada PT. Kunango Jantan Group

Authors

  • Oka Sulistiyo Nanda Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Author
  • Candra Yolanda Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Author

Keywords:

Total Quality Management, Kinerja Karyawan, Kepuasan Karyawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Total Quality 
Management (TQM) Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Karyawan Sebagai 
Variabel Mediasi Pada PT. Kunango Jantan Group. Jenis penelitian ini menggunakan 
penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan perusahaan 
manufaktur di Kota Padang yang berjumlah 530 orang. Teknik pengambilan sampel 
menggunakan proportionate stratified random sampling berjumlah 147 orang. 
Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Metode Analisis menggunakan Partial 
Least Square menggunakan Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pengaruh 
pengolahan informasi dalam tinjauan ini menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan 
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan karyawan. (2) 
Pendidikan dan pelatihan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan 
karyawan.(3) Kerjasama tim tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap 
kepuasan karyawan. (4) Hubungan karyawan memiliki pengaruh yang positif dan 
signifikan terhadap kepuasan karyawan. (5) Kepuasan karyawan memiliki pengaruh 
yang positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. (6) Kepemimpinan tidak memiliki 
pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. (7) Pendidikan dan pelatihan 
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. (8) Kerjasama 
tim tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan karyawan. (9) 
Hubungan karyawan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja 
karyawan.

Downloads

Published

14-05-2025